Berikut ini informasi tentang program studi/jurusan dan konsentrasi / kekhususan di STIT Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor beserta prospektus-nya (prospek kerja/karir, profesi, kompetensi lulusan) dan kurikulumnya (mata kuliah wajib, pilihan, bobot SKS).
ᛟProgram Studi
S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam
S1 PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)
Beban SKS & Masa Studi
Beban studi dan masa studi yang harus ditempuh mahasiswa program reguler maupun Kelas Karyawan (Hybrid / Blended), mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu : Permendikbudristek Nomor 53 Th 2023 (silakan klik) tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
Untuk
Beban Studi (SKS yang ditempuh)
Masa Studi
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1
Beban Studi = 144 - 152 sks
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke S1
Beban Studi = 40 - 46 sks (Bila tidak sebidang ilmu ada Tambahan 2 - 21 sks)
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, Pindahan melanjutkan ke S1
Dihitung dari sisa sks
Dihitung sisa sks
Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan
(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
1. Program Studi S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam
Gelar Lulusan : S.Pd.I. atau S.Ag. atau S.PdI. atau SAg.
Prospektus S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Tujuan Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) bertujuan menghasilkan tenaga kependidikan yang :
Memiliki wawasan, ketrampilan dan tradisi akademis.
Menguasai bidang ilmu sumber bahan ajar Pendidikan Agama Islam yang menjadi keharusan sebagai seorang guru agama.
Memahami secara mendalam tentang masalah-masalah peserta didik dan prinsip-prinsip dasar kependidikan.
Menguasai teori dan ketrampilan dalam bidang keguruan serta mampu mendemontrasikan kerjanya.
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
A. KOMPETENSI KHUSUS
Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) dibekali dengan ahlak dan nilai-nilai mulia, pengetahuan, etika profesi, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :
1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang Pendidikan Agama Islam sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang Pendidikan Agama Islam
Memiliki kemampuan mengembangkan teori teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan pembelajaran Agama Islam dengan penguasaan yang tinggi.
Memiliki kemampuan mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan kajian Islam yang benar, untuk keperluan akademis dan profesi Guru Agama Islam.
Memiliki kemampuan membedakan dengan jelas, mana yang ajaran Islam dan mana yang budaya Arab, sehingga dapat memberikan Pendidikan Agama Islam dengan tepat dan benar.
Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, untuk keperluan akademis dan profesi Guru Agama Islam.
Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.
2. Peneliti di bidang Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni di bidang Pendidikan Agama Islam.
Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, untuk keperluan akademis dan Peneliti Pendidikan Agama Islam.
Memiliki kemampuan mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan kajian Islam yang benar, untuk keperluan akademis dan Peneliti Pendidikan Agama Islam.
Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab khususnya pada bidang Pendidikan Agama Islam
Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam.
3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Biro Les Privat.
Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha positif di bidang Pendidikan Agama Islam secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.
4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
Memiliki kemampuan mengaplikasikan Agama Islam dalam berbagai bidang ilmu lain serta dalam bidang ilmu terapan.
Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.
B. KOMPETENSI UMUM
Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Agama Islam adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang Pendidikan Agama Islam; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang Pendidikan Agama Islam, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang Pendidikan Agama Islam, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Sarjana Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Agama Islam, Peneliti Pendidikan Agama Islam, Pemimpin/Manajer Pendidikan Agama Islam, Konsultan Pendidikan Agama Islam, dsb.
Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Agama Islam.
Mata Kuliah S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum
Mata Kuliah
SKS
Administrasi Pendidikan
2
Akhlaq
2
Analisis dan Desain Pelatihan *
2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam I
2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam II
2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam III
2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam IV
2
Aplikasi Komputer *
2
Aqidah
2
Bahasa Arab I (+ Prakt)
2
Bahasa Arab II (+ Prakt)
2
Bahasa Arab III (+ Prakt)
2
Bahasa Arab IV (+ Prakt) *
2
Bahasa Indonesia
2
Bahasa Inggris I
2
Bahasa Inggris II
2
Bahasa Inggris III
2
Bahasa Inggris IV *
2
Bimbingan dan Konseling
2
Dasar-dasar Kependidikan
2
Desain Grafis *
2
Desain Web *
2
Etika Bisnis Islam *
2
Etika Profesi
2
Filsafat Ilmu *
2
Filsafat Pendidikan Islam
2
Filsafat Umum *
2
Fiqh I
2
Fiqh II
2
Fiqh Kontemporer *
2
Fiqh Sosial *
3
Hadis I (+ Prakt)
2
Hadits II (+ Prakt)
2
Hadits Tarbawi *
4
Ilmu Alamiah dasar
2
Ilmu Belajar Jiwa *
2
Ilmu Dakwah *
2
Ilmu Kalam *
2
Ilmu Kalam Lanjut *
2
Ilmu Pendidikan Islam
2
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
2
Ilmu Tasawuf I *
2
Ilmu Tasawuf II *
2
Islam di Indonesia *
2
Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam
2
Keterampilan Dasar Mengajar (+ Prakt)
3
Komputer Dasar
2
Komputer untuk Studi Islam
2
Kuliah Kerja Nyata (+ Prakt)
3
Leadership *
2
Manajemen Pendidikan Islam
2
Masail Fiqhiyah *
2
Materi Pendidikan Agama Islam *
3
Media Pembelajaran (+ Prakt) *
3
Media Pembelajaran Lanjut (+ Prakt) *
3
Metode dan Evaluasi Pelatihan *
2
Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam I (+ Prakt)
2
Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam II (+ Prakt)
2
Metodologi Penelitian
2
Metodologi Studi Islam
2
Mata Kuliah
SKS
Micro Teaching
2
Pemikiran Islam
4
Pendidikan Akhlaq
4
Pendidikan Al-Hadits
4
Pendidikan Al-Quran
4
Pendidikan Aqidah
4
Pendidikan Fiqh
4
Pendidikan Islam Luar Sekolah *
2
Pendidikan Jurnalistik *
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
Pendidikan Sejarah Peradaban Islam *
4
Penelitian Kependidikan
2
Penelitian Sosial Budaya Agama *
2
Pengantar Ilmu Agama *
2
Pengantar Ilmu Tafsir *
3
Pengantar Studi Agama *
3
Pengembangan Evaluasi Pendidikan *
2
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam *
3
Pengembangan Media dan Sumber Belajar
2
Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (+ Prakt) *
3
Penyiaran Agama *
2
Penyusunan Buku Ajar
2
Perbandingan Pendidikan *
2
Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (+ Prakt)
3
Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam
2
Praktik Pengalaman Lapangan / Praktek Mengajar (+ Prakt)
2. Program Studi S1 PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)
Gelar Lulusan : S.Pd.I. atau S.Ag. atau S.PdI. atau SAg.
Prospektus S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Program Studi PIAUD adalah Program Studi yang didesain untuk mencetak guru-guru RA/PAUD/TK yang profesional, berkarakter dan berkemajuan. Pembukaan Prodi PIAUD ini berdasarkan pada hasil riset di bidang neuroscience dan psikologi yang meneguhkan tentang penting dan niscayanya pendidikan usia dini, yaitu pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pendidikan usia dini sangat penting karena potensi kecerdasan dan perilaku dasar seseorang terbentuk pada rentang usia tersebut. Di sisi lain, bagi anak-anak generasi abad ke-21 tantangannya cukup berat. Berbagai perkembangan budaya yang tidak ramah anak mulai muncul dari berbagai pola kehidupan. Yang terbaru contohnya, kekerasan mental, fisik dan seksual pada anak yang tidak hanya datang dari luar, namun justru datang dari orang sekitar lingkungan atau bahkan keluarga sendiri. Belum lagi ancaman pornografi dan kekerasan yang mudah ditemui melalui media elektronik (TV, HP, Tablet dan komputer yang terkoneksi dengan internet) itu meruapakan contoh gambaran masyarakat yang tuna adab dan tuna budaya.
Tujuan Pendidikan
Tujuan dari penyelenggaraan Program Studi PIAUD ini adalah sebagai berikut
Menghasilkan tenaga pendidik PIAUD yang berkarakter, dan memiliki kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional.
Menghasilkan karya penelitian inovatif dalam bidang pendidikan guru PIAUD.
Menghasilkan karya inovasi pembelajaran bidang pendidikan guru PIAUD.
Memberikan kontribusi sosial dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan usia dini (TK/PAUD/RA).
Dalam mewujudkan tujuannya di atas, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran tersendiri dengan mengacu pada standar kompetensi dan profil lulusan sebagai berikut
Kompetensi Lulusan Lulusan dari penyelenggaraan Program Studi Program Studi PIAUD ini diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut
Berkepribadian holistik.
Menguasai teori perkembangan anak usia RA/PAUDI dan menerapkannya dalam pembelajaran.
Mengetahui pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan pada RA/PAUDI.
Memiliki pemahaman tentang teori perkembangan anak usia RA/PAUDI.
Memiliki kemampuan pembuatan bahan ajar untuk anak usia RA/PAUDI.
Menguasai manajemen satuan pendidikan RA/PAUDI.
Memiliki kemampuan melakukan penelitian tentang RA/PAUDI.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Guru RA/PAUD di Madrasah/Sekolah.
Guru TKQ/TKA di Madrasah/BKPRMI.
Taman Pengasuh Anak.
Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini/ Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
Peneliti bidang Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
Penulis bidangPendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
Konsultan Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
Tags (tagged): jurusan, kurikulum, mata, kuliah, hybrid, blended, kelas, karyawan, stit, tarbiyatun, nisa, sentul, bogor, sekolah, tinggi, ilmu, tarbiyah, mata kuliah, stit tarbiyatun, nisa sentul, sekolah tinggi ilmu, tarbiyah tarbiyatun, sentul bogor penguasaan, tinggi memiliki, kemampuan, mengenali, integritas intelektual, berdaya saing, baik secara, 2, filsafat pendidikan, islam, 2 filsafat umum, 2 fiqh, i, guru, guru ra, paud, tk profesional berkarakter, pengasuh anak, konsultan, pendidikan anak usia, dini taman, program studi peminatan, gelar, karir, prospek