Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor
Kelas Karyawan (Hybrid / Blended) - STIT Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor
Kampus : Jl. Bukit Az-Zikra – Cipambuan – Sentul City – Babakan Madang – Kab. Bogor
  ◾ WA, HP, SMS, Telp, dsb. (klik)   Bebas Pulsa : 0800 1234 000
Untuk memperoleh kerja baru, maka sangat baik sekiranya belajar di STIT Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor

Kelas Karyawan / Program Kuliah Karyawan / P2K
STIT Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor - Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor

Lihat juga :   Kelas Sore/Malam
Lihat juga :
Berikut ini informasi tentang program studi/jurusan dan konsentrasi / kekhususan di STIT Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor beserta prospektus-nya (prospek kerja/karir, profesi, kompetensi lulusan) dan kurikulumnya (mata kuliah wajib, pilihan, bobot SKS).

Program Studi
S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam S1 PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)


Beban SKS & Masa Studi

Beban studi dan masa studi yang harus ditempuh mahasiswa program reguler maupun Kelas Karyawan (Hybrid / Blended), mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu :
Permendikbudristek Nomor 53 Th 2023 (silakan klik)
tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

UntukBeban Studi (SKS yang ditempuh)Masa Studi
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat
melanjutkan ke S1
Beban Studi = 144 - 152 sks8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat
melanjutkan ke S1
Beban Studi = 40 - 46 sks
(Bila tidak sebidang ilmu ada Tambahan 2 - 21 sks)
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, Pindahan
melanjutkan ke S1
Dihitung dari sisa sksDihitung sisa sks

Prospektus dan Kurikulum Program Studi/Jurusan

(Mata Kuliah Wajib/Pilihan, Prospek Kerja/Karir, Profesi, dan Kompetensi Lulusan)
Daftar Isi
1. S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam
2. S1 PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)

1. Program Studi S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam

Gelar Lulusan : S.Pd.I. atau S.Ag. atau S.PdI. atau SAg.

Prospektus S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Tujuan Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) bertujuan menghasilkan tenaga kependidikan yang :
  • Memiliki wawasan, ketrampilan dan tradisi akademis.
  • Menguasai bidang ilmu sumber bahan ajar Pendidikan Agama Islam yang menjadi keharusan sebagai seorang guru agama.
  • Memahami secara mendalam tentang masalah-masalah peserta didik dan prinsip-prinsip dasar kependidikan.
  • Menguasai teori dan ketrampilan dalam bidang keguruan serta mampu mendemontrasikan kerjanya.
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

A. KOMPETENSI KHUSUS

Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) dibekali dengan ahlak dan nilai-nilai mulia, pengetahuan, etika profesi, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :

1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang Pendidikan Agama Islam sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang Pendidikan Agama Islam
  • Memiliki kemampuan mengembangkan teori teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan pembelajaran Agama Islam dengan penguasaan yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan kajian Islam yang benar, untuk keperluan akademis dan profesi Guru Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan membedakan dengan jelas, mana yang ajaran Islam dan mana yang budaya Arab, sehingga dapat memberikan Pendidikan Agama Islam dengan tepat dan benar.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, untuk keperluan akademis dan profesi Guru Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.

2. Peneliti di bidang Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
  • Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
  • Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni di bidang Pendidikan Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, untuk keperluan akademis dan Peneliti Pendidikan Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan kajian Islam yang benar, untuk keperluan akademis dan Peneliti Pendidikan Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab khususnya pada bidang Pendidikan Agama Islam
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam.

3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Biro Les Privat.
  • Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha positif di bidang Pendidikan Agama Islam secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.

4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
  • Memiliki kemampuan mengaplikasikan Agama Islam dalam berbagai bidang ilmu lain serta dalam bidang ilmu terapan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.


B. KOMPETENSI UMUM

Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Agama Islam adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang Pendidikan Agama Islam; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang Pendidikan Agama Islam, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang Pendidikan Agama Islam, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Sarjana Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Agama Islam, Peneliti Pendidikan Agama Islam, Pemimpin/Manajer Pendidikan Agama Islam, Konsultan Pendidikan Agama Islam, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Agama Islam.
Mata Kuliah S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum

Mata KuliahSKS
Administrasi Pendidikan2
Akhlaq2
Analisis dan Desain Pelatihan *2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam I2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam II2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam III2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam IV2
Aplikasi Komputer *2
Aqidah2
Bahasa Arab I (+ Prakt)2
Bahasa Arab II (+ Prakt)2
Bahasa Arab III (+ Prakt)2
Bahasa Arab IV (+ Prakt) *2
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II2
Bahasa Inggris III2
Bahasa Inggris IV *2
Bimbingan dan Konseling2
Dasar-dasar Kependidikan2
Desain Grafis *2
Desain Web *2
Etika Bisnis Islam *2
Etika Profesi2
Filsafat Ilmu *2
Filsafat Pendidikan Islam2
Filsafat Umum *2
Fiqh I2
Fiqh II2
Fiqh Kontemporer *2
Fiqh Sosial *3
Hadis I (+ Prakt)2
Hadits II (+ Prakt)2
Hadits Tarbawi *4
Ilmu Alamiah dasar2
Ilmu Belajar Jiwa *2
Ilmu Dakwah *2
Ilmu Kalam *2
Ilmu Kalam Lanjut *2
Ilmu Pendidikan Islam2
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar2
Ilmu Tasawuf I *2
Ilmu Tasawuf II *2
Islam di Indonesia *2
Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam2
Keterampilan Dasar Mengajar (+ Prakt)3
Komputer Dasar2
Komputer untuk Studi Islam2
Kuliah Kerja Nyata (+ Prakt)3
Leadership *2
Manajemen Pendidikan Islam2
Masail Fiqhiyah *2
Materi Pendidikan Agama Islam *3
Media Pembelajaran (+ Prakt) *3
Media Pembelajaran Lanjut (+ Prakt) *3
Metode dan Evaluasi Pelatihan *2
Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam I (+ Prakt)2
Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam II (+ Prakt)2
Metodologi Penelitian2
Metodologi Studi Islam2
Mata KuliahSKS
Micro Teaching2
Pemikiran Islam4
Pendidikan Akhlaq4
Pendidikan Al-Hadits4
Pendidikan Al-Quran4
Pendidikan Aqidah4
Pendidikan Fiqh4
Pendidikan Islam Luar Sekolah *2
Pendidikan Jurnalistik *2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Pendidikan Sejarah Peradaban Islam *4
Penelitian Kependidikan2
Penelitian Sosial Budaya Agama *2
Pengantar Ilmu Agama *2
Pengantar Ilmu Tafsir *3
Pengantar Studi Agama *3
Pengembangan Evaluasi Pendidikan *2
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam *3
Pengembangan Media dan Sumber Belajar2
Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (+ Prakt) *3
Penyiaran Agama *2
Penyusunan Buku Ajar2
Perbandingan Pendidikan *2
Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (+ Prakt)3
Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam2
Praktik Pengalaman Lapangan / Praktek Mengajar (+ Prakt)4
Psikologi Agama Islam *2
Psikologi Belajar *2
Psikologi Pendidikan2
Psikologi Perkembangan *2
Psikologi Umum2
Qawaid Fiqhiyah *2
Qiraatul Kutub *2
Retorika Dakwah *2
Sejarah Pendidikan Islam2
Sejarah Peradaban Islam2
Seminar Pendidikan Agama Islam2
Sirah Nabawiyah *2
Skripsi6
Sosiologi Agama2
Sosiologi Masyarakat Islam *2
Sosiologi Pendidikan Islam *2
Spritual Conseling *2
Statistika Pendidikan (+ Prakt)2
Strategi Belajar Mengajar *2
Studi Agama-agama *2
Studi Islam *2
Studi Islam Lanjut *2
Studi Kemuhammadiyahan2
Supervisi Pendidikan *2
Tafsir I *2
Tafsir II (+ Prakt) *3
Tafsir Tarbawi4
Tauhid *2
Teknologi Informasi *2
Teori-teori Pendidikan *2
Ulumul Hadits2
Ulumul Quran2
Ushul Fiqh2
Varian Islam di Indonesia *2

2. Program Studi S1 PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini)

Gelar Lulusan : S.Pd.I. atau S.Ag. atau S.PdI. atau SAg.

Prospektus S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Program Studi PIAUD adalah Program Studi yang didesain untuk mencetak guru-guru RA/PAUD/TK yang profesional, berkarakter dan berkemajuan. Pembukaan Prodi PIAUD ini berdasarkan pada hasil riset di bidang neuroscience dan psikologi yang meneguhkan tentang penting dan niscayanya pendidikan usia dini, yaitu pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pendidikan usia dini sangat penting karena potensi kecerdasan dan perilaku dasar seseorang terbentuk pada rentang usia tersebut. Di sisi lain, bagi anak-anak generasi abad ke-21 tantangannya cukup berat. Berbagai perkembangan budaya yang tidak ramah anak mulai muncul dari berbagai pola kehidupan. Yang terbaru contohnya, kekerasan mental, fisik dan seksual pada anak yang tidak hanya datang dari luar, namun justru datang dari orang sekitar lingkungan atau bahkan keluarga sendiri. Belum lagi ancaman pornografi dan kekerasan yang mudah ditemui melalui media elektronik (TV, HP, Tablet dan komputer yang terkoneksi dengan internet) itu meruapakan contoh gambaran masyarakat yang tuna adab dan tuna budaya.

Tujuan Pendidikan

Tujuan dari penyelenggaraan Program Studi PIAUD ini adalah sebagai berikut
  • Menghasilkan tenaga pendidik PIAUD yang berkarakter, dan memiliki kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional.
  • Menghasilkan karya penelitian inovatif dalam bidang pendidikan guru PIAUD.
  • Menghasilkan karya inovasi pembelajaran bidang pendidikan guru PIAUD.
  • Memberikan kontribusi sosial dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan usia dini (TK/PAUD/RA).

Dalam mewujudkan tujuannya di atas, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengembangkan kurikulum dan model pembelajaran tersendiri dengan mengacu pada standar kompetensi dan profil lulusan sebagai berikut

Kompetensi Lulusan
Lulusan dari penyelenggaraan Program Studi Program Studi PIAUD ini diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut
  • Berkepribadian holistik.
  • Menguasai teori perkembangan anak usia RA/PAUDI dan menerapkannya dalam pembelajaran.
  • Mengetahui pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan pada RA/PAUDI.
  • Memiliki pemahaman tentang teori perkembangan anak usia RA/PAUDI.
  • Memiliki kemampuan pembuatan bahan ajar untuk anak usia RA/PAUDI.
  • Menguasai manajemen satuan pendidikan RA/PAUDI.
  • Memiliki kemampuan melakukan penelitian tentang RA/PAUDI.

Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

  • Guru RA/PAUD di Madrasah/Sekolah.
  • Guru TKQ/TKA di Madrasah/BKPRMI.
  • Taman Pengasuh Anak.
  • Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini/ Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
  • Peneliti bidang Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
  • Penulis bidangPendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.
  • Konsultan Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak.




Tags (tagged): jurusan, kurikulum, mata, kuliah, hybrid, blended, kelas, karyawan, stit, tarbiyatun, nisa, sentul, bogor, sekolah, tinggi, ilmu, tarbiyah, mata kuliah, stit tarbiyatun, nisa sentul, sekolah tinggi ilmu, tarbiyah tarbiyatun, sentul bogor penguasaan, tinggi memiliki, kemampuan, mengenali, integritas intelektual, berdaya saing, baik secara, 2, filsafat pendidikan, islam, 2 filsafat umum, 2 fiqh, i, guru, guru ra, paud, tk profesional berkarakter, pengasuh anak, konsultan, pendidikan anak usia, dini taman, program studi peminatan, gelar, karir, prospek
Kontak kami
Bebas Pulsa : 0800 1234 000    
Email :  Contact Us   klik
WhatsApp : 0811 1990 9028     Telp : (021) 8762004, 8762002    
HP/SMS : 0817 0816 486, 0811 1990 9028
Klik Daftar Online
Info Beasiswa Terkini
eduNitas.com
Perubahan Dimulai Dari #BeraniKuliah
HOME
Maksud & Tujuan
Teras
Penerimaan Mhs Baru
Penjelasan Keseluruhan
Pendaftaran Online
Permintaan Brosur - Gratis
Keunggulan
Uang Kuliah
Pusat Layanan Informasi
Beasiswa Pendidikan
Jurusan + Gelar

Waktu Kuliah & Dosen
PTS Google Map
Transportasi
Pelbagai Foto
Daftar Penerima Beasiswa
Kurikulum (Mata Kuliah)
Prospektus & Karir

UU Sisdiknas & Pemerintah Mendukung Kelas Karyawan (Hybrid / Blended)

Sistem Perkuliahan
Mendapat Penghasilan Baru

Jaringan / Kumpulan Web
STIT Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor

Kumpulan Web Kelas Pegawai
Kumpulan Web Kuliah Sore/Malam
Kumpulan Web Utama



Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tarbiyatun Nisa Sentul Bogor   ◾   Kualitas Proses Pendidikan A